Jumat, 25 Januari 2013

Tips Mengamankan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Dibobol/Dihack


Bagi Anda penggila jejaring sosial khususnyaFacebook, pasti akan sebel bila akun Anda dibobol oleh orang lain :evil: . Artikel ini saya buat karena banyak dari teman saya yang akun Facebooknya telah dihack oleh orang tidak bertanggungjawab :-( . Kebanyakan para pengguna Facebook tidak terlalu perduli bagaimana cara menjaga akun mereka tetap aman. Mereka hanya perduli bagaimana cara menambahkan teman supaya menjadi banyak, mengupload foto yang menarik (untuk profil atau untuk cover) dan untuk saling chit chatdengan teman atau pacar :lol: .

Berikut beberapa tips agar akun facebook Anda lebih aman :

  1. Email : pada saat anda pertama kali membuat Facebook sudah tentun Anda akan diminta untuk mencantumkan alamat email Anda.Alamat email yang baru Anda daftarkan mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu ketika Anda lupa password Facebook Anda maka Anda dapat meminta password baru. Facebook akan mengirimkan link untuk mereset pasword ke alamat email yang Anda daftarkan tadi. Berikut tips untuk mengamankan email Anda adalah :
    1. Pastikan bahwa alamat email Anda sedang masih aktif &tidak dihack oleh orang lain.
    2. Berikan perlindungan terhadap email Anda dengan membuat alternatif email dan pertanyaan rahasia yang hanya Anda yang tahu.
    3. Jangan memberikan password email ke siapapun.
    4. Ganti password email Anda dalam jangka waktu tertentu(misal 1 bulan atau 3 bulan sekali).
    5. Gunakan password email yang unik (Misal : baledo900, terdiri dari huruf dan angka)
    6. Jangan menggunakan password berupa : tempat/tanggal lahir, nama ayah, ibu, atau saudara.
  2. Pilih password yang tepat : Bila di email kita sudah menerapkan password yang unik mengapa kita tidak menggunakan password yang unik pula di akun Facebook kita. Berikut tips memilih password Facebook yang tepat dan baik :
    1. Gunakan password yang unik (terdiri dari huruf dan angka).
    2. Bedakan antara password Facebook dan password email(jangan menggunakan password yang sama).
    3. Gunakan pasword lebih dari 6 karakter.
  3. Pilih-pilih teman : ada pepatah mengatakan “Bila kita berteman dengan orang pintar makan kita akan jadi pintar 8-) , namun bila kita berteman dengan orang bodoh maka kita juga akan jadi bodoh :roll: .”.Dari pepatah di atas sudah jelas maknanya bahwa dalam berteman di jejaring sosial (Facebook) maka kita tidak boleh sembarangan. Ada kriteria teman yang halal dan haram kita tambahkan di Faceboo.
    1. Kriteria teman yang halal kita tambahan sebagai teman di Facebook :
      1. Orang yang kita kenal.
      2. Teman dari orang yang kita kenal (mempunyai kesamaan teman yang cukup banyak).
      3. Mempunyai teman yang cukup banyak (orang yang mempunyai sedikut teman di Facebook patut dicurigai sebagai hacker).
      4. Menggunakan foto profil jelas (tidak berupa gambar kartun, gambar artis dll).
      5. Menggunakan nama akun yang jelas (k’lo yang satu ini masih jarang karena kebanyakan orang menggunakan nama lebay di Facebook :mrgreen: )
    2. Kriteria teman yang haram kita tambahan sebagai teman di Facebook :
      1. Orang yang tidak kenal sama sekali.
      2. Tidak mempunyai kesamaan teman.
      3. Hanya mempunyai sedikit teman.
      4. Foto profil yang digunakan tidak jelas (berupa kartun, foto artis dll).
      5. Nama akun yang tidak jelas.
  4. Atur Privasi Pertemanan Anda :oops: : tidak semua teman Anda harus melihat semua isi akun Facebook Anda seperti foto, informasi tentang data diri dll. Oleh karena itu kita harus lebih teliti dan hati-hati mana yang dapat dikonsumi publik (tidak harus menjadi teman), dikonsumsi teman Anda, dan dikonsumsi untuk Anda sendiri. Kerena beberapa hacker (orang jahil) mampu membobol akun Anda dengan mengetahui informasi yang semestinya informasi pribadiBerikut tips untuk memilih apa saja yang harus dan tidak harus Anda bagi ke publik dan teman Anda :
    1. Broadcast Private Information (mempublikasikan informasi data diri):
      1. No telepon/handphone : bila tidak ingin diganggu tidak perlu dicantumkan atau gunakan no telepon yang baru untuk dicantumkan.
      2. Alamat email : sebaiknya alamat email ini tidak ditampilkan karena akan memicu orang untuk membobol akun Anda.
      3. Foto pribadi : untuk foto menurut saya kita boleh saja mempublikasinnya asalkan foto-foto itu masih menjaga unsur kesopanan.
    2. Broadcast Profile (mempublikasikan profil kita) : Ada beberapa dari teman saya yang tidak melakukan pengaturan pertemanan sehingga tanpa menjadi temanpun kita bisa melihat. Anda harus mengatur hanya yang sudah menjadi teman yang dapat melihat diri Anda. Bila Anda ingin tetap broadcast profile Anda dapat menggunakan fitur Facebook Page. Klik di sini untuk melihat cara membuat Facebook Page.
Itu sedikit tips agar akun Facebook Anda tetap aman. Bila ada tips yang lain mohon usulannya. Terima kasih :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Atau di kosongkan juga tidak ada masalah.

Diberdayakan oleh Blogger.